Sekilas Tentang Baduy Outbound

welcome_to_baduy_outboundKenapa kami menyebutnya dengan kata “Baduy”…? Baduy merupakan daerah terpencil yang berada di hutan belantara berjarak kurang lebih 10 km dari daerah Ciboleger (Tarik Garis Lurus), yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki, melewati Sembilan perbukitan dan hutan-hutan segar. Keasrian-nya masih terjaga dari sejak dulu hingga sekarang, kehidupan masyarakatnya sangat mandiri, boleh dikatakan orang baduy ini memiliki jiwa Petualang (Adventure), mampu bertahan hidup disegala kondisi (Survive People), disana tidak ada Bidan, Dokter, Puskesmas, Rumah Sakit, Sekolah, Warung apalagi Mall, pokoknya tidak ada fasilitas umum apapun, namun mereka tetap eksis hingga saat ini, kami pikir mereka punya yang namanya Kecakapan Hidup (Life Skill), bahkan hampir tidak ada pengangguran, semua bekerja keras, tidak bergantung sama siapapun (The Great). Mereka sangat menjaga keseimbangan alam tanpa merusak sedikitpun lingkungannya. Berawal dari melihat sisi kehidupan orang Baduy ini, kami menuangkan sebuah konsep untuk wahana outbound yang sekaligus kami jadikan Branding Identity (Identitas Merk) yaitu dengan nama “Baduy Outbound” yang kami yakin tidak ada dan tidak akan pernah ada duanya di Dunia. Baduy Outbound bermakna dan bertujuan sebagai sebuah wahana atau sarana pengembangan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam, mengasah jiwa petualang yang sejatinya sudah ada dalam setiap jiwa manusia dan menjadikan kita sebagai orang yang selalu Survive dalam segala kondisi, memiliki kecakapan hidup sehingga menjadi manusia yang hebat atau unggul dan dapat diandalkan, semua itu kami kemas di dalam Paket Wisata Outbound. “Great People Must Survive”.

Kawasan Wisata “Baduy Outbound” berlokasi di Jl. Raya Serang Pandeglang KM-14, Kp. Pasir Kidul, Desa Sukamanah, Kec. Baros, Kabupaten Serang, Banten. Didalam Kawasan Wisata Baduy Outbound ini, selain sebagai wahana Wisata Outbound, kami juga memiliki unit-unit usaha lainnya yaitu ; Banten Restaurant selain sebagai support untuk event, Banten Restaurant ini juga menerima pesanan untuk acara-acara atau kegiatan-kegiatan seperti Rapat, Arisan Keluarga, dan lain sebagainya. Kemudian ada Rawayan Café, dikhususkan sebagai fasilitas Coffee Shop bagi pengunjung wisata alam Baduy Outbound yang ingin menikamati suasana santai, bahkan untuk pertemuan bisnispun sangat OK. Ada Gaido Mart, Gaido Mart ini tidak seperti super market pada umumnya, namun sebagai fasilitas untuk mendisplay dan menjual hasil kerajinan ataupun hasil tani dari masyarakat setempat. Ada Padepokan Gunung Karang, selain sebagai wadah bagi perguruan-perguruan yang ada dibanten sebagai sarana pelatihan dan pertunjukan, Padepokan Gunung Karang juga mengelola unit usaha Perikanan, Peternakan, Pertanian dan Perkebunan. Kami melibatkan masyarakat setempat untuk melakukan padat karya mengembangkan sumber daya alam dari bidang pertanian, perkebunan, peternakan, seni dan budaya banten, bahkan SDM Team Outbound itu sendiri. Kami melakukan pelatihan-pelatihan yang intensif agar mereka menjadi Sumber Daya Manusia yang unggul dan dapat diandalkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi minimal di daerah dimana Kawasan Wisata Baduy Outbound ini berada.

Begitulah kira-kira sebuah harapan kami, menjadikan ini semua sebagai Visi dan Misi kami untuk mencapai sebuah tujuan yang menurut kami bukan hanya sekedar permainan belaka, namun bagaimana wahana ini menjadi bermanfaat bagi kehidupan orang banyak. Tentunya kami tidak dapat berjalan sendiri, kami membutuhkan dukungan semua pihak untuk mewujudkan Kawasan Wisata “Baduy Outbound” ini sebagai wahana untuk membentuk karakter-karakter yang Mandiri, Berjiwa Petualang dan Bertahan dalam Segala Situasi dan Kondisi serta menjadi SDM yang unggul dan dapat diandalkan.

Posted on: 24/03/2016

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *